Bambu Air

Bambu air/Dracaena tergolong sebagai tanaman hias. Tampilannya sama seperti bambu pada umumnya, hanya saja ukurannya kecil dan bisa tumbuh dengan media air. Ujung batang bambu ini pun meruncing. Bambu air sering dijadikan penghias taman minimalis, baik itu di sekitar kolam atau jadi pembatas pagar.

Salah satu jenis Dracaena yang sedang populer dan mulai banyak dibudidayakan adalah bambu rezeki (Dracaena sanderiana) atau yang popular juga dengan sebutan tanaman pita (ribbon plant) dan baambu air. Tanaman ini berasal dari Kamerun. Walaupun begitu, populer sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan negara-negara Asia Timur lainnya.

Bambu rezeki diyakini mampu menyeimbangkan kelima elemen di dalam rumah, sehingga menjadikan fengshui hunian lebih baik. Tanaman bambu mewakili unsur kayu, sementara pot berbahan tanah liat atau tembikar bakal mewakili unsur bumi. Air di dalam pot atau vas merepresentasikan unsur air, vas bunga yang terbuat dari besi atau kaca sebagai simbol unsur metal, sementara hiasan pita merah pada batang bambu adalah simbol unsur api.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *