anggrek

Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang kerap menjadi pilihan untuk menghiasi halaman rumah. Salah satu faktor yang membuat bunga satu ini menjadi idaman adalah karena warnanya yang cantik. Selain itu manfaat bunga anggrek pun banyak termasuk bagi kesehatan.

Maka, tak jarang para collector tanaman rela merogoh kocek lebih untuk mendapatkan koleksi bunga anggrek yang langka. Tapi ternyata, di samping kecantikannya. Bunga dengan nama latin Orchidaceae ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaat bunga anggrek bagi kesehatan? 

Cara pengolahannya pun cukup mudah, cukup tumbuk bunga anggrek lalu tambahkan ke berbagai campuran herbal. Selain itu, kandungan sifat antibiotic atau anti mikroba alami pada akar anggrek juga dipercaya oleh beberapa peneliti sebagai obat alami.

Berikut beberapa manfaat bunga anggrek bagi kesehatan:

1. Meredakan masalah pernapasan

Bunga anggrek jenis gading dapat dimanfaatkan obat sebagai masalah pernapasan seperti alergi, asma hingga disentri. Caranya cukup dengan haluskan bunga anggrek, lalu rebus hingga mendapatkan ekstraknya.

2. Meredakan demam

Dilansir dari drhealthbenefits.com, salah satu manfaat bunga anggrek adalah sebagai obat demam. Jadi, apabila keluarga Anda mengalami demam di malam hari, mengolah bunga anggrek bisa menjadi salah satu cara meredakannya.

3. Meredakan sakit perut

Dilansir dari Homeopathy, daun anggrek bisa digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan dan maag. Beberapa bahan campuran yang dibutuhkan pun cukup mudah dan dapat di temukan di rumah.

Cara pembuatannya, cukup giling bunga dan daun anggrek dan ekstrak hingga 20 ml. Setelah itu tambahkan gula merah, jahe serta segelas air dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, saring ekstrak campuran bunga anggrek dan minum setiap hari.

4. Mencegah penuaan dini

Siapa sangka ternyata manfaat bunga anggrek juga mencegah penuaan dini. Penuaan dini menjadi salah satu hal yang sering dikhawatirkan.

Kini, tidak perlu bingung lagi karena ternyata bunga anggrek dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik nerkat kemampuannya menyimpan air.

Tapi tentu saja, metode ini harus diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar demi merawat kesehatan kulit.

5. Meredakan polusi

Polusi udara menjadi salah satu permasalahan yang sering menggangu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, bunga naggrek bisa menjadi salah satu pilihan tanaman hias di rumah.

Sehingga nantinya rumah bisa terhindar dari berbagai polusi udara dan memberikan udara segar yang sangat dibutuhkan bagi pernapasan Anda.

6. Menyehatkan mata

Bunga anggrek juga dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan mata, terutama infeksi mata. Cara membuat obatnya pun cukup mudah, cukup campur bunga anggrek dengan akar licorice atau ngengat listrik. Setelah itu, campuran bunga anggrek dapat dikonsumsi untuk meredakan infeksi mata.

Demikian informasi mengenai manfaat bunga anggrek bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan Anda terutama selama pandemic.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *