bunga matahari

Bunga matahari atau Helianthus annuus adalah jenis bunga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan luar dan dalam tubuh. Protein dan asam lemak tak jenuh merupakan kandungan nutrisi utama yang membuat bunga matahari berkhasiat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat dari kelopak, biji kuaci, serta minyak bunga matahari untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan bunga matahari

Bagian kelopak, daun, batang, dan biji bunga matahari sama-sama dapat dimanfaatkan. Kandungan nutrisi paling tinggi terletak pada bagian biji bunga matahari.Berbagai nutrisi yang terkandung dalam 28 gram biji bunga matahari meliputi:  

  • Kalori: 165
  • Lemak tak jenuh tunggal: 3 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 9 gram
  • Natrium: 1 miligram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Zat besi: 1 miligram

Tingginya kandungan asam lemak tak jenuh pada bunga matahari memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Selain itu, bunga matahari dipercaya mampu mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, serta menyehatkan sistem pencernaan.Perlu dicatat bahwa kandungan nutrisi dapat semakin meningkat saat biji bunga matahari mulai berkecambah.

Kandungan gizi biji bunga matahari

Bunga atau tanaman tertentu dapat Anda gunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif . Salah satu contohnya adalah bunga matahari.Bagian kelopak, daun, batang, dan biji bunga matahari mempunyai manfaat atau khasiatnya masing-masing. Namun, kandungan nutrisi paling tinggi terletak pada bagian biji bunga matahari.Mengutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut adalah kandungan gizi dan nutrisi dalam biji bunga matahari yang sudah diolah (kuaci), seperti:

  • Kalori: 515
  • Protein: 30,6 gram
  • Serat: 13,6 gram
  • Lemak: 42,1 gram
  • Kalsium: 54 mg
  • Fosfor: 312 mg
  • Kalium: 448,6 gram
  • Zinc: 9,7 mg

Manfaat biji bunga matahari

Sejak zaman dahulu, biji bunga matahari digunakan sebagai jenis makanan penambah tenaga. Kini, biji bunga matahari juga banyak dikonsumsi sebagai camilan kuaci.Dari satu kepala bunga, kemungkinan terdapat hampir 2000 biji bunga matahari. Pengolahannya akan disesuaikan dengan kebutuhan.Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Meredakan inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respon alami tubuh. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati karena juga bisa menjadi tanda penyakit kronis.Jika mengonsumsi secara rutin, ada manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan seperti membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.Sebagai contoh, membantu menurunkan kadar protein C. Ini berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ada senyawa pada kuaci atau biji bunga matahari yang bermanfaat untuk memblokir enzim sehingga pembuluh darah menyempit.Lalu, ada pula kandungan magnesium serta asam linoleat yang dapat membantu menstabilkan pembuluh darah, menurunkan kelesterol, dan menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan kadar gula darah

Biji bunga matahari juga mempunyai manfaat tersendiri bagi para penderita diabetes tipe 2 karena senyawa chlorogenic acid di dalamnya.Studi menunjukkan bahwa orang yang makan 30 gram biji bunga matahari setiap hari dapat membantu mengurangi gula darah puasa sekitar 10%.

Manfaat bunga matahari

Umumnya, bunga matahari digunakan sebagai penghias ruangan karena warna serta bentuknya yang terlihat indah.Manfaat atau khasiat bunga matahari lainnya pun menjadi salah satu jenis bunga yang bisa dimakan.Walaupun masih jarang dilakukan, Anda dapat mengonsumsi kelopak bunga matahari sebagai seduhan teh serta bagian daun sebagai salad untuk dimakan.Namun, perlu Anda ketahui bahwa kelopak bunga matahari rasanya cukup pahit sehingga kurang cocok jika mengonsumsinya terlalu banyak.Maka dari itu, selain untuk hiasan dan mempercantik taman, tidak ada salahnya memanfaatkan bagian dari bunga matahari sebagai tanaman obat.

Manfaat minyak bunga matahari

Tingginya kandungan asam lemak tak jenuh pada bunga matahari memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Selain itu, bunga matahari dipercaya mampu mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, serta mejaga kesehatan sistem pencernaan.Ternyata, kandungan nutrisi dan gizi bunga matahari semakin meningkat saat biji bunga matahari mulai berkecambah.Tidak hanya bijinya, ada pula manfaat dari minyak bunga matahari untuk kesehatan tubuh Anda termasuk kulit, di antaranya adalah:

1. Menurunkan kolesterol

The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan terdapat senyawa pitosterol yang bermanfaat dari minyak bunga matahari, yaitu membantu melawan penyerapan kolesterol.Maka dari itu, selain minyak goreng biasa, Anda juga bisa menggunakan minyak biji bunga matahari untuk memasak. Ini dilakukan agar pola hidup menjadi lebih sehat serta menjaga kesehatan jantung.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan vitamin E dalam minyak biji bunga matahari dapat bermanfaat atau berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.Apalagi, vitamin E juga mempunyai senyawa antioksidan yang menjadi peran penting agar sistem imun dapat bekerja secara optimal.

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat atau khasiat lainnya dari minyak bunga matahari adalah menjaga kesehatan kulit. Ini karena didalamnya mengandung beberapa senyawa, seperti:

  • Asam oleat,
  • Vitamin E,
  • Sesamol, dan
  • Asam linoleat.

Saat mengaplikasikannya, minyak bunga matahari tergolong mudah menyerap sehingga tidak menyumbat pori-pori dan mencegah timbulnya komedo.Kandungan anti-iritasi dalam minyak bunga matahari juga tergolong aman untuk semua jenis kulit, seperti kulit kering, normal, berminyak, dan berjerawat.

4. Menyembuhkan luka

Dalam penelitian kecil, ilmuwan menemukan bahwa penggunaan minyak bunga matahari yang dioleskan secara langsung bermanfaat untuk menyembuhkan luka.Kemungkinan, ini adalah efek dari kandungan asam oleat yang bermanfaat untuk perawatan luka.

Semoga bermanfaat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *