Bunga Melati

Bunga melati dikenal dengan keharumannya yang begitu khas. Bunga ini sering disertakan dalam berbagai ritual, mulai dari ritual kecantikan, pernikahan, hingga kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Namun, terlepas dari citranya di masyarakat, bunga yang melambangkan kemurnian dan kesucian ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, manfaat bunga melati ternyata bisa kita peroleh lewat berbagai cara penggunaan, mulai dari diminum sebagai teh, dioleskan ke kulit sebagai losion, hingga dihirup aromanya melalui parfum atau minyak esensial.

Manfaat bunga melati:

  • Membuat rileks dan melepas stress

Bunga melati dengan aromanya yang khas bisa ditaruh di dalam ruangan di rumah kita atau ruang kerja. Keharumannya bisa membantu memberikan kesan rileks yang membuat kita nyaman. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Thailand, misalnya, secara khusus mencari tahu efek dari minyak bunga melati terhadap aktivitas gelombang otak dan emosi seseorang. Hasilnya, minyak melati dapat membangkitkan emosi-emosi positif, termasuk kesejahteraan, aktif, segar, dan romantis.
Di sisi lain, emosi negatif, seperti mengantuk, justru berkurang secara signifikan dengan menghirup aroma melati. Selain itu, keharuman bunga melati juga diyakini dapat membantu menetralkan udara dan menghilangkan bau tidak sedap.

  • Baik untuk kecantikan kulit

Bunga melati yang dijadikan minyak esensial mengandung keton, yang memiliki aroma menakjubkan, sama seperti bunganya. Selain memberikan keharuman, menggunakan minyak esensial bunga melati juga bisa melembutkan dan melembapkan kulit. Bunga ini diyakini juga bisa menyamarkan stretch mark dan bekas luka. Caranya, gerus bunga melati dan campurkan dengan minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pasta tersebut pada kulit untuk memberikan efek mengencangkan dan meningkatkan elastisitasnya. Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit.

  • Menyehatkan rambut

Bunga melati bisa membantu menyehatkan rambut sekaligus membuat tampilannya menjadi lebih rapi. Caranya, ambil 20 hingga 25 bunga melati, kemudian rebus dalam air. Setelah dingin, bilas rambut menggunakan air tersebut untuk memberikan manfaat kelembapan. Jika Anda memiliki rambut yang kusut atau keriting, campurkan beberapa tetes minyak esensial bunga melati dengan minyak argan, kemudian oleskan ke rambut. Selain membuat rambut lebih mudah diatur, campuran minyak esensial bunga melati dan minyak argan juga bisa menjadi agen anti-kutu yang baik.

  • Menyembuhkan luka

Bunga melati mengandung benzil benzoat, asam benzoat dan benzaldehida, ketiganya punya sifat antiseptik. Membuat bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh luka. Minyak esensial bunga melati dapat diaplikasikan pada luka ringan dan luka sayat untuk memberikan pereda instan.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Menurut Indigo Herbs, melati memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang berinteraksi dengan enzim pencernaan dapat memfasilitas penyerapan nutrisi yang lebih baik dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Bunga melati juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan terbukti membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Kualitas antispasmodik dari bunga melati juga dapat membantu meredakan gangguan penceranan, kram perut dan meredakan peradangan.

  • Mengatasi nyeri otot

Bunga melati adalah antispasmodik alami, yang artinya dapat membantu meredakan nyeri otot. Mengaplikasikan minyak esensial bunga melati diyakini cukup ampuh untuk mengendurkan otot yang tegang atau terkilir.

  • Mengatasi insomnia

Melati yang dikonsumsi sebagai teh atau digunakan dalam bentuk minyak esensial memiliki efek sedatif terhadap sistem saraf, sehingga dapat membantu menenangkan saraf yang tegang. Seperti pada banyak tumbuhan, bunga melati tampaknya memiliki kualitas adaptogenik yang dapat mengatur atau menenangkan sistem saraf sesuai kebutuhan. Senyawa penenang yang ditemukan di dalamnya diyakini bisa membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, menginduksi tidur pada penderita insomnia dan memperbaiki pola tidur yang tidak teratur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology, seperti dikutip oleh Indigo Herbs, menemukan bahwa aroma bunga melati memiliki efek sedatif pada aktivitas saraf otonom dan suasana hati. Para peneliti menemukan, menghirup bunga melati, dan juga lavender, mampu menurunkan denyut jantung serta memunculkan perasaan tenang dan rileks, membantu para peserta penelitian tertidur lebih mudah.

  • Meningkatkan libido

Para ahli herbal zaman kuno sudah memanfaatkan bunga melati sebagai obat herbal peningkat afrodisia dan libido. Aromanya yang eksotis dan “memabukkan” tidak hanya bisa membangkitkan semangat, tetapi juga membantu meluruhkan hambatan emosional pasangan dan meningkatkan perasaan keintiman. Kualitas anti-depresannya dari bunga melati dipadukan dengan kemampuannya memberikan kesan rileks menjadikan minyak bunga melati sangat baik dimanfaatkan untuk mengatasi masalah seksual yang ada di dalam pikiran, bukan masalah fisiologis yang berkaitan langsung dengan sistem reproduksi.

  • Meredakan sakit menstruasi

Mencampurkan beberapa tetes minyak esensial bunga melati dengan minyak wijen dan mengoleskannya pada perut bagian bawah dapat membantu meredakan sakit ketika menstruasi. Aromaterapi dengan keharuman bunga melati juga bisa membantu meredakan rasa sakit sebelum dan selama menstruasi.

Cara pengolahannya

Setidaknya ada empat cara pengolahan bunga melati yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain:

  • Diminum sebagai teh melati

Teh melati biasanya merupakan campuran teh hijau dengan daun melati. Kedua bahan ini dapat dicampur saat pembuatan bubuk teh di pabrik maupun Anda campur sendiri ketika menyeduh daun teh dengan beberapa helai bunga melati langsung di cangkir.

  • Losion

Aroma bunga melati yang khas kerap dijadikan sebagai campuran dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun, losion, dan sebagainya. Namun, manfaat bunga melati di sini bukan hanya sebagai parfum alami, melainkan juga mengatasi masalah kulit, seperti terbakar sinar matahari dan biang keringat.

  • Aromaterapi

Pemanfaatan bunga melati yang paling sering ditemui ialah dalam bentuk aromaterapi. Dalam hal ini, manfaat bunga melati adalah mengendurkan urat saraf yang tegang sehingga Anda merasa lebih rileks dan dapat beristirahat dengan lebih berkualitas.

  • Minyak esensial

Minyak esensial bunga melati dapat dioleskan secara topikal atau dihirup aromanya. Minyak esensial yang mengandung bunga melati disebut-sebut memiliki sifat afrodisiak alias membangkitkan gairah seksual. Inilah sebabnya bunga melati kerap digunakan sebagai bagian dari dekorasi kamar pengantin di malam pertama. Baca juga: Percantik Rumah dengan Tanaman Bunga Melati

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *