Bunga Kantil

Cempaka putih atau Kantil adalah salah satu anggota suku Magnoliaceae. Tumbuhan ini dikenal di Indonesia dan beberapa negara tetangganya karena kuncup bunganya sering kali dipakai dalam upacara-upacara tradisional atau ritual tertentu. Secara botani, ia adalah hibrida antara M. champaca dan M. montana.

Manfaat bunga kantil untuk kesehatan cukup jarang diketahui. Bunga kantil atau bunga cempaka putih kerap diidentikkan dengan hal-hal mistis, karena kerap digunakan untuk ritual tertentu serta memiliki aroma yang menyengat.

Dilihat dari sisi medis, bunga kantil diketahui memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat bunga kantil untuk kesehatan di antaranya untuk mengatasi radang gusi, menjaga kesehatan gigi, meredakan stres, meringankan gejala menopause, meredakan cemas, hingga membantu menurunkan berat badan.

Meski bermanfaat, Anda juga perlu mengetahui tentang efek sampingnya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat bunga kantil untuk kesehatan beserta efek sampingnya, Berikut ulasan lengkapnya.

  • Bantu Atasi Radang Gusi

Manfaat bunga kantil untuk kesehatan yang pertama yaitu membantu mengatasi radang gusi. Bunga kantil diketahui berkhasiat dalam membunuh bakteri yang ada di mulut. Menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak bunga kantil dipercaya bisa membantu mengurangi pendarahan atau juga pembengkakan. Selain itu, bunga kantil juga dipercaya mampu mengatasi plak, mencegah gigi berlubang, mengatasi radang gusi, hingga mengurangi pembengkakan gusi.

  • Meredakan Stres

Manfaat bunga kantil untuk kesehatan berikutnya yaitu meredakan stres. Seperti yang diketahui, bunga kantil memiliki aroma yang sangat wangi. Oleh karena itu, bunga kantil juga kerap diolah menjadi wewangian dan minyak esensial yang digunakan untuk lilin aromaterapi atau juga pengharum ruangan. Menghirup aroma wangi bunga kantil dipercaya dapat membantu mengurangi stres. Selain itu, aromanya juga dipercaya mampu menenangkan dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  • Meringankan Gejala Menopause

Salah satu manfaat dari bunga kantil yaitu membantu meringankan gejala menopause. Terdapat beberapa tanda menopause, di antaranya gejala nyeri, masalah saluran kandung kemih, haid tidak teratur, dan gejala-gejala lainnya.
Biasanya masa menopause akan dialami oleh wanita saat usianya sekitar 50an tahun. Menggunakan produk yang mengandung ekstrak bunga kantil diyakini dapat meringankan kondisi tersebut. Tubuh pun akan merasa lebih rileks dan nyaman karena efek dari bunga tersebut.

  • Meredakan Kecemasan

Manfaat lain dari bunga kantil yaitu membantu meredakan kecemasan. Kecemasan berlebihan tanpa adanya penyebab jelas dapat menjadi tanda seseorang mengalami gangguan kecemasan.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan produk yang memiliki kandungan ekstrak bunga kantil serta phellodendron dipercaya mampu membantu mengurangi perasaan negatif akibat perasaan cemas. Meski demikian, penggunaan produk tersebut tak dapat digunakan untuk meredakan kecemasan dalam jangka panjang.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga kantil untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa ekstrak bunga kantil yang digabungkan dengan phellodendron mampy membantu seseorang mengontrol berat badannya. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam tentu manfaat bunga kantil tersebut.

  • Efek Samping

Meski bermanfaat, tetapi Anda perlu memperhatikan efek samping dari bunga kantil tersebut. Perlu diingat, bunga kantil aman dikonsumsi apabila digunakan dalam bentuk pasta gigi dan dalam jangka pendek.

Bunga kantil biasanya aman dikonsumsi hanya dalam jangka satu tahun dan dipakai sebagai pasta gigi hingga selama enam bulan. Beberapa orang bahkan mungkin juga berisiko mengalami alergi saat mengoleskan produk tersebut ke kulit mereka.

Selain itu, ibu hamil dan menyusui serta seseorang yang akan menjalani operasi sebaiknya menghindari penggunaan produk yang mengandung bunga kantil tersebut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *