kencur

Kencur atau cekur adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat; Tanaman ini termasuk dalam kingdom Plantae,

Kencur yang punya nama latin Kaempferia galanga ternyata masih satu keluarga dengan jahe. Tidak heran apabila masih banyak yang salah membedakan antara kencur dengan jahe.

Kencur sudah dikenal lama sebagai obat batuk berdahak, obat diare, obat deman, dan obat sakit gigi. Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati cedera otot setelah olahraga.

Manfaat kencur tidak berhenti sampai di situ. Sebuah penelitian dari Bangladesh menunjukkan bahwa ekstrak kencur mengandung sifat antidepresan yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Berikut adalah berbagai manfaat dari tanaman kencur:

1. Menyembuhkan Sariawan


Manfaat makan kencur mentah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menyembuhkan sariawan. Pasalnya rasa hangat dan sifat anti-bakterinya yang dimiliki kencur dipercaya dapat meringankan sariawan.

Manfaat lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

2. Mengobati Infeksi


Manfaat makan kencur mentah untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengobati infeksi. Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi kencur mentah. Manfaat kencur mentah ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

3. Menambah Nafsu Makan


Bisa dibilang menambah nafsu makan merupakan salah satu manfaat kencur yang paling populer. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dari rajin mengonsumsi jamu beras kencur yang tak hanya dapat meningkatkan nafsu makan tetapi juga menjaga stamina tubuh.

Tak hanya bisa dikonsumsi saat diolah, kencur juga bisa kamu makan dalam keadaan mentah. Selain itu, kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

4. Mengatasi Flu


Manfaat makan kencur mentah selanjutnya dapat menyembuhkan flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi kencur ini. Kita semua tahu bahwa bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain.

5. Menyembuhkan Diare


Bukan hanya dapat mengatasi flu, kencur juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare. Pasalnya kencur terkenal mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare.

Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawan untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat.

6. Segarkan Tubuh


Mengonsumsi kencur setiap hari juga dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Perasaan segar dan hangat dari kencur bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Rasa segar dalam kencur mirip dengan yang ada di minuman jahe panas yang juga bisa menghangatkan tubuh.
Jangan ragu untuk mengonsumsi kencur ketika tubuh kamu sakit dan lelah. Kencur juga mengandung analgesik yang dapat meringankan rasa sakit dan penyakit lainnya. Kencur juga mengandung ekstrak methanol sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak-anak.

Semoga Bermanfaat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *