Bunga Pecah Beling

Keji beling atau pecah beling, atau disebut juga enyoh kelo adalah anggota Acanthaceae yang dapat menyembuhkan diabetes. Tumbuhan ini merupakan perdu yang berasal dari Madagaskar menyebar ke Indonesia dan tumbuh subur di Malaysia.

Kejibeling adalah obat herbal yang dipercaya dapat membantu meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih dengan cara Sediakan 50 gram daun keji beling. Rebus ke dalam 6 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 3 kali per hari. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi 3 lembar daun keji beling yang masih segar sebagai lalapan.

Salah satu manfaat daun keji beling untuk kesehatan, yaitu mencegah radikal bebas. Kandungan flavonoid, alkaloid, polifenol, dan tanin berfungsi efektif untuk mencegah radikal bebas yang biasa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penurunan penglihatan, hingga kanker.

Efek Samping:

Kandungan kumis kucing di dalam keji beling diduga bisa memicu hipotensi. Kumis kucing juga diduga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tidak terkendali pada pasien yang sedang menjalani operasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *