Tanaman Sangketan

Sangketan atau buntut tikus adalah spesies tanaman berbunga dari genus Heliotropium. Tanaman ini termasuk ke dalam gulma yang tumbuh secara liar dan dapat ditemukan di ladang, pinggir sawah, pekarangan rumah dan tanah kosong. Meskipun demikian, tanaman ini juga bisa dijadikan obat.

Tanaman sangket merupakan tanaman dari famili Lamiaceae terkenal dengan kandungan senyawa polifenol yang merupakan senyawa aktif untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Hasil penelitian sangket mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan tanin.

Berikut manfaat dari tanaman sangketan, Daun sangketan bermanfaat untuk: (1) mengobati kencing batu; (2) menetralisir racun; (3) mengatasi demam pada anak; (4) mengobati batuk; (5); mengobati migrain; (6) mengobati gondokan; (7) mengobati candidiasis;  (8) mengatasi haid tidak teratur; (9) mengobati gatal; dan (10) mengatasi bisul. Manfaat lain yaitu dipakai untuk membumbui makanan.

Efek Samping Sangketan

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan oleh Sangketan:

  • Fraksi n-heksan ekstrak etanol Sangketan menunjukkan aktivitas antifertilitas pada tikus
  • Fraksi n-heksan ekstrak etanol Sangketan menunjukkan aktivitas aborsi yang menjanjikan
  • Fraksi n-heksan ekstrak etanol Sangketan menunjukkan efek moderat pada implantasi dan motilitas sperma
  • Alkaloid Pyrrolizidine (PAs) yang ditemukan hampir di semua tanaman di keluarga Boraginaceae seperti Sangketan dapat menyebabkan reaksi toksik pada manusia, terutama penyakit veno-oklusif
  • Kandungan Alkaloid Pyrrolizidine (PAs) kemungkinan juga dapat menyebabkan kerusakan hati.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *